LAPORAN KEGIATAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)
LAPORAN KEGIATAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)
TEMA : GAYA HIDUP BERKELANJUTAN
SEMESTER GANJIL
Disusun oleh : Mary Senlitanto, S.Pd.,Gr
SMP KATOLIK SANTO YOSEPH NOELBAKI
TAHUN PELAHARAN 2023 / 2024
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI................................................................................................................. i
KATA PENGANTAR.................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................. 1
1. Judul ............................................................................................................................. 1
2. Latar Belakang............................................................................................................... 1
3. Visi Misi......................................................................................................................... 1
4. Tujuan............................................................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAAN............................................................................................ 2
1. Waktu Kegiatan.............................................................................................................. 2
2. Tema dan Topik Proyek.................................................................................................. 2
3. Pelaksana Proyek............................................................................................................ 2
4. Bentuk Kegiatan Proyek.................................................................................................. 2
5. Sasaran Dimensi Profil Pelajar Pancasila........................................................................ 2
6. Anggaran Kegiatan Proyek.............................................................................................. 3
7. Tahap Kegiatan Proyek.................................................................................................... 3
BAB III PENUTUP.......................................................................................................... 8
1. Kesimpulan....................................................................................................................... 8
2. Saran..................................................................................................................................8
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah karena berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga laporan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan ini dapat diselesaikan dengan baik. Secara umum tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan tema “Mari Berkebun” dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertujuan untuk membangun kesadaran akhlak pribadi, menggali potensi peserta didik, mengenal dan memperbaiki gaya hidup.
Dengan mengangkat tema Gaya Hidup Berkelanjutan dan mengacu dalam dimensi Profil Pelajar Pancasila, peserta didik juga diharapkan mendapat wawasan terhadap proses dan tahapan dalam gaya hidup sehari - hari. Selain itu diharapkan peserta didik juga dapat membentuk pola hidup sehat demi membangun bangsa yang sehat dan kuat. Peserta didik diberikan kebebasan di dalam mengembangkan projek dan kolaborasi dengan pihak atau narasumber yang diketahuinya.
Strategi pembelajaran maupun alokasi waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan pembelajaran projek ini disesuaikan dengan kondisi sekolah, sarana dan prasarana, minat serta karakteristik peserta didik. Dalammengaktualisasikannya koordinator bersama fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila membagi menjadi 5 (lima) tahap yaitu : pengenalan, kontekstualisasi, perencanaan, aksi dan refleksi.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan membimbing dalam proses pelaksanaan projek ini. Menyadari sepenuhnya bahwa laporan Projek Penguatan Pelajar Profil Pancasila ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena ini segala kritik dan saran atau masukan yangkonstruktif dari para pembaca dan peserta didik sangat kami harapkan demi kesempurnaan laporan ini. Dengan adanya kritik dan saran tersebut berharap laporan ini ke depan akan semakin bermanfaat keberadaannya bagi guru dan peserta didik. Dengan segala kekurangan dan keterbatasan dalam penyusunan laporan ini, berharap dapat membantu peserta didik dan guru di SMP Katotik Santo Yoseph Noelbaki dalam melaksanakan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Noelbaki, 12 Desember 2023
b. Tahap Kontekstualisasi
Setelah berkunjung di tempat budidaya sayuran yang adalah milik petani tulen (orang tua peserta didik), peserta didik melakukan pengumpulan data dari hasil wawancara dan taking note berkaitan dengan memilih bibit unggul, cara tanam, penyaingan, pemupukan, perawatan, penyiraman, pemanenan sampai pada pasca panen berdiskusi dengan peserta didik yang berkunjung pada kebun sayuran berjenis lain.
c. Tahap Aksi
1) Persiapan Media Tanam
Peserta didik menyiapkan media tanam yang menggunakan polybag.
2) Penanaman
Setelah melakukan persiapan media tanam, peserta didik melakukan pembibitan langsung di polybag.
3) Pemeliharaan
Pemeliharaan dilakukan setiap hari sabtu oleh peserta didik dan diawasi oleh fasilitator masing – masing jenjang.
4)Pemanenan
Setelah 1 bulan, kegiatan pemanenan perdana dilakukan oleh Bapak Kepala Sekolah dan dilanjutkan oleh peserta didik dibantu oleh masing – masing fasilitator.
5) Pasca Panen
6) Pemasaran
Kegiatan pemasaran dilakukan oleh peserta didik guna membangkitkan semangat berjual mereka.
Hasil proyek yaitu sayur organic terjual habis dan menghasilkan uang.
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan kegiatan menanam sayur organik dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Para peserta didik juga dapak melaksakannya dengan antusias dan bersemangat. Kesimpulan yang didapatkan dari kegiatan projek ini adalah :
Ø Peserta didik mampu menunjukan sikap kerjasama dan peduli terhadap sesame dan sayuran organic.
Ø Profil pelajar pancasila dapat tetanam pada diri peserta didik kelas VII, VIII, dan IX SMP Katolik St. Yoseph Noelbaki.
2. Saran
Saran untuk kegiatan projek selanjutnya adalah:
1. Setiap fasilitator tim projek harus berperan aktif selama pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila.
2. Perlu pemantauan yang ketat oleh fasilitator untuk peserta didik yang sulit untuk diatur.
Komentar
Posting Komentar